RAPAT ANGGOTA TAHUNAN PERLIMA



SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, Rapat Anggota Tahunan Perlima atau yang biasa disingkat RAT akan digelar. Kali ini RAT untuk menutup tahun program 2023-2024 akan diadakan pada hari Kamis, 9 Mei 2024. 

Rapat Anggota Tahunan harus dihadiri oleh setidaknya 51% dari total jumlah anggota Perlima yang berjumlah 110 orang. Artinya, 52 orang harus hadir dan memberikan suaranya untuk hal-hal yang akan diputuskan di dalam RAT. Oleh karena anggota Perlima sendiri tersebar di seluruh Indonesia, pelaksanaan RAT adalah dengan metode hybrid. RAT akan dilakukan secara luring sekaligus daring, agar semua anggota bisa mengikut jalannya rapat. 

Kali ini RAT akan dilaksanakan di Sekretariat Perlima di kawasan Kutisari, Surabaya. Masih bersuasana lebaran dalam bulan Syawal, maka RAT kali ini diberi tambahan acara "Halal Bihalal Perlima". Anggota Perlima pun sangat antusias menantikan acara ini. Setiap undangan yang datang dipersilakan membawa potluck atau hidangan untuk dinikmati bersama di acara. 

Hal-hal mendasar akan dibahas di RAT setiap tahunnya. Yang jelas, laporan pertanggungjawaban keuangan dan program yang telah dilaksanakan akan dikirimkan kepada anggota secara daring, untuk bisa diunduh dan dibaca. Selanjutnya, anggota Perlima akan diminta untuk memberikan persetujuan—atau ketidaksetujuan pada laporan yang telah disampaikan. Semisal ada perubahan-perubahan dalam kepengurusan atau kebijakan Perlima, dalam RAT inilah akan diputuskan. 

Komunitas Perempuan Penulis Padma (Perlima) yang sudah berbadan hukum sebagai Perkumpulan ini memang tidak main-main dalam menjalankan program dan kegiatannya. RAT ini pun dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus kepada anggota. 

RAT tahun lalu, yang dilaksanakan di Baradjawa Coffee, Gayungsari, Surabaya, pun berlangsung dengan gayeng dan seru. Selain melaksanakan RAT, tentu saja para anggota yang hadir memiliki kesempatan untuk bersilaturahim dan mempererat persaudaraan.

Seperti kata ibu pengawas Perlima, Heti Palestina Yunani, kala itu di RAT 2023: "Serius sekali kita berkomunitas, ya." 

Semua persiapan dan pelaksanaan dilakukan oleh pengurus yang keseluruhannya perempuan. Seperti moto Perlima yang berbunyi Berdaya dan Bahagia, setiap perempuan yang menjadi anggotanya sudah siap untuk berdaya dan tentu saja, bahagia.

Surabaya, 3 Mei 2024
Ditulis oleh: Windy Effendy

No comments